Berbagi pengetahuan dan informasi tentang blog dan SEO terkini untuk para blogger tentang pentingnya SEO, cara kerja SEO dan algoritma Google, optimasi SEO on page dan off page, pemilihan kata kunci (keyword), membangun backlink, alat SEO, trafik organik, template blog yang responsive dan SEO friendly, domain TLD, dll

Jumat, 23 November 2012

mengenal blogspot secara lebih dekat


Yak, sudah beberapa hari ini saya belajar memperbaiki template blogspot sehingga menjadi lebih menarik, dari memilih tampilan lewat mbah google. Template yang cukup bagus dengan nama water color. Cukup di search aja di google. Seperti inilah contoh tampilannya

template blogspot

Template ini TOP 3 di dunia lho. Ga bakal nyesel pake template ini. Cukup download di atas, Ekstrak file .xml-nya, kemudian buka dengan notepad biasa atau notepad++ (biasanya saya pake ini), select all - copy. Setelah itu, buka akun blogger, klik template - edit HTML - lanjutkan. Select all pada template yang sudah ada, lalu paste dan simpan template. Bisa juga ditinjau sebelum disimpan dengan klik pratinjau. Mudah bukan? Kalau masih ada yang bingung, tinggal kontak saya. Saya bisa membantu kalau tidak sedang sibuk. :P

menu sidebar blogspot untuk mengelola blog
Setelah mengutak-atik template, saya berkeliling di menu blogger utnuk mengetahui masing-masing isi dan fungsinya.

  1. Menu ikhtisar berisi grafik penayang blog untuk setiap harinya dan pembaharuan yang terjadi pada blog, yaitu jumlah komentar,  penayangan hari ini, pos, dan pengikut.
  2. Menu pos tentu saja berisi tentang pos yang ditulis, baik yang sudah di-publish maupun belum. Di masing-masing blog bisa di-edit, ditinjau, dan diedit. Bisa juga menjadikan blog yang sudah di-publish menjadi tidak di-publish, sebaliknya.
  3. Menu laman digunakan untuk menambah dan mengurangi menu serta mempublish menu di atas atau di samping blog, bahkan bisa juga tidak ditampilkan. Ini terserah anda.
  4. Menu komentar berisi segala sesuatu yang berhubungan dengan komentar, baik diterbitkan, menunggu moderasi, maupun spam. Saya sendiri belum melakukan aksi di menu ini karena memang belum ada komentar yang masuk.
  5. Untuk menu Google+ sendiri, saya terlalu jarang memakai social media ini.
  6. Seperti namanya, menu statistik yang berisi data statistik blog, dari jumlah penayangan sampai dari mana data tersebut diambil (sumber lalu lintas). 
  7. Menu tata letak digunakan untuk menata kembali letak bagian-bagian blog, seperti menu dengan cara di-drag. Di menu ini blogger bisa menambahkan gadget, seperti entri blog terpopuler maupun script java.
  8. Menu setelan berisi setelan dasar, pos dan komentar, seluler dan email, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran, dan lainnya. Di masing-masing menu punya fungsinya sendiri. Silakan pelajari sendiri. Kontak saya apabila blogger bingung. ^^
Seperti itulah menu yang ada di blogger. Silakan mencoba. Semoga bermanfaat untuk newbie. :)





Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar