Berbagi pengetahuan dan informasi tentang blog dan SEO terkini untuk para blogger tentang pentingnya SEO, cara kerja SEO dan algoritma Google, optimasi SEO on page dan off page, pemilihan kata kunci (keyword), membangun backlink, alat SEO, trafik organik, template blog yang responsive dan SEO friendly, domain TLD, dll

Sabtu, 17 Mei 2014

memotong artikel blog : read more atau baca selengkapnya


cara memotong artikel di blog yang terlalu panjang - beberapa minggu yang lalu saya secara tidak sengaja menemukan sebuah web yang digunakan untuk mengukur performansi suatu blog atau web. nah lewat web tersebut bisa saya ketahui kalau blog saya tidak mengikuti google guidelines untuk beberapa poin.
1. tidak ada sitemap secara eksplisit yang digunakan untuk memudahkan pengunjung blog
2. mempunyai lebih dari 100 link, eksternal maupun internal, yang pada kenyataanya tidak disukai oleh google, selain membuat loading blog menjadi lambat juga bisa dikira spam
3. tidak melengkapi gambar dengan keterangan judul dan deskripsi (ALT) di bagian properties gambar, google itu bukan manusia, mana tahu gambar ini gajah gambar itu jerapah, bantulah google.

nah ketiga poin itu yang merupakan kesalahan fatal saya, poin lain : saya tidak menggunakan rel="nofollow" untuk setiap link eksternal termasuk link yang ditautkan pada gambar. mengapa poin ini ada? karena link ekternal yang bersifat rel="dofollow" akan menguntungkan link tujuan tersebut. blog saya akan berbagi page ranking dengan link tujuan. omo, saya harus mengedit semua artikel saya.

poin paling akhir saya membuat saya tertegun aalah pagespeed yang hanya bernilai 67 dari 100. setelah saya cek keterangannya, blog saya menggunakan banyak widget yang tidak terlalu bermanfat. mau tidak mau, rela tidak rela, saya harus menghapus banyak widget termasuk backlink yang ternyata bukan backlink, hanya menguntungkan link tujuan saja. setelah saya hapus, ternyata pagespeed masih di angka 70 sekian. saya pun menemukan saran dari feedthebot dengan cara memangkas artikel yang terlalu panjang. biasanya menggunakan kata-kata "read more" atau "baca selengkapnya". sebenarnya di bagian post saya sudah mensetting agar setiap artikel dipotong dengan "baca selengkapnya", tetapi entah kenapa tidak muncul dan tidak bekerja.

here we go, cara memangkas atau memotong artikel di blogspot :
1. di bawah ini adalah contoh artikel yang akan dipangkas
contoh memotong artikel blog yang terlalu panjang

2. tentukan di bagian mana yang akan dipangkas, setelah itu klik ikon insert jump break yang berbentuk kertas sobek jadi dua bagian
ikon insert page break untuk memotong postingan blog
contoh insert page break untuk memotong postingan blog

3. edit bagian posting blog untuk mengubah "baca selengkapnya" : tata letak - posting blog - edit - teks tautan laman entri, bisa diubah read more atau baca selanjutnya
edit postingan blog untuk memotong artikel blog yang terlalu panjang
memotong artikel blog atau postingan blog yang terlalu panjang

setelah itu, pergi ke bagian template - edit html, cari

<data:post.body/>

di blog saya kode yang kedua (ada 2 kode). kemudian copy paste kode cara memotong posting entri blog berikut ini tepat di bawah <data:post.body/>

<b:if cond='data:post.hasJumpLink'> 
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if >

terakhir, simpan perubahan dan cek di bagian beranda blog.

Artikel Terkait

2 komentar: